Kursus Mikroteknik 2019

Kata Pengantar

Kursus mikrotenik telah diselenggarakan Departemen Histologi FK UGM sejak tahun 2008. Perencanaan penelitian menjadi hal terpenting dalam keberhasilan penelitian. Karena itu pada kursus mikroteknik kali ini perancangan penelitian dengan irisan jaringan menjadi topik yang akan dibahas. Selain itu pengecatan khusus seperti Mallory, PAS, Giemsa, Feulgen dan Papaniculau serta Victoria Blue kembali akan dibahas. Teknik teknik tersebut cukup banyak dibutuhkan namun belum banyak yang terampil melakukannya di laboratorium. Praktikum meliputi pembuatan sediaan apus, pengecatan Feulgen, Giemsa, Hematoxyllin Eosin serta Victoria Blue.  Pengecatan Giemsa merupakan pengecatan rutin pada apus darah dan Hematoxyllin Eosin merupakan pewarnaan rutin pada irisan jaringan. Pengecatan Feulgen merupakan pengecatan untuk deteksi DNA. Victoria Blue merupakan teknik untuk mendeteksi sel beta pada insula pancreatica.  Selain itu imunohistokimia yang saat ini merupakan teknik yang banyak digunakan untuk deteksi protein dan molekul khusus pada irisan jaringan juga menjadi salah satu topik praktikum.

Materi (bahasa pengantar bahasa Indonesia)

Kuliah: Perancangan penelitian dengan sediaan histologi dan dasar pembuatan sediaan histologi dan pengecatan rutin, pengecatan khusus, imunohistokimia

Praktikum: Pembuatan sediaan apus, Pengecatan HE, Giemsa dan Feulgen, Victoria Blue, imunohistokimia pada sediaan irisan blok parafin.

  Unduh formulir pendaftaran disini